Penyelaman pribadi Ryann ke Wabi Sabi + 5 cara untuk mendapatkan tampilan rumah Anda

Gambar Rumah Minimalis

Semuanya dimulai ketika tunangan saya Rocky dan saya sedang mencari inspirasi untuk kamar tidur. Kami berdua sangat tertarik pada estetika yang kami sebut “Monastery chic”, dan melalui pencarian inspirasi itu, Rocky menemukan desain wabi sabi. Saya pernah mendengar tentang wabi sabi sebelumnya tetapi belum pernah meneliti apa itu sebenarnya. Rocky adalah seperempat orang Jepang, jadi dia langsung bernalar dengan filosofi kuno ini, dan ketika dia menunjukkan gambar-gambarnya, saya langsung terpikat. Kami berdua sama-sama mengagumi seni dan budaya Jepang, jadi wajar saja untuk belajar lebih banyak tentang wabi sabi. Tak lama kemudian, penelitian kami ke dalamnya berubah menjadi apresiasi yang mendalam dan keinginan untuk rumah yang terinspirasi wabi sabi (dan kehidupan).

Tendangannya adalah bahwa estetika desain kami saat ini adalah kebalikannya. Kami memiliki dinding hijau tua, dinding galeri besar, buku-buku yang ditumpuk dari lantai ke langit-langit dan barang-barang yang dirakit di semua permukaan. Singkatnya, kami tidak minimalis. Kami berdua suka menghias dengan banyak hal. Tetapi ketika wabi sabi melintasi radar kami, kami berdua merasa sangat tertarik pada filosofi, gaya, dan praktiknya.

desain oleh boris vervoordt | foto jean-pierre gabriel | melalui rumah dan taman

Setelah beberapa pemeriksaan diri, kami sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak dapat menghapus semua yang sudah kami miliki dan menggantinya dengan desain wabi-sabi. Bahkan, itu akan bertentangan dengan banyak penyewa filosofi itu sendiri. Sebaliknya, kami menyadari bahwa kami dapat memiliki pola pikir wabi-sabi yang penuh perhatian, menerapkannya pada bagian-bagian rumah kami, dan tetap menerima hal-hal yang sudah kami miliki di rumah kami.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah wabi sabi, seperti yang kami lakukan, ketahuilah bahwa Anda harus melatih kesabaran karena sejarahnya sulit dilacak. Menurut Wabi Sabi – The Japanese Art Of Impermanence (sebuah buku yang sangat saya rekomendasikan tentang subjek ini), “wabi sabi sebagai produk zensind dapat menemukan akarnya yang paling awal dalam pelopor Zen, Taoisme”, tetapi waktu yang tepat kemunculannya. hampir tidak mungkin untuk ditentukan. Garis waktu terdekat adalah selama Dinasti Song (960-1279), di mana seni mulai menunjukkan beberapa cita-cita wabi sabi. Tetapi terlepas dari garis waktu yang tepat, tidak ada keraguan bahwa itu telah mempengaruhi seni dan desain selama berabad-abad.

Berbicara dari sudut pandang Amerika, berbahasa Inggris, wabi sabi bisa menjadi konsep yang misterius dan sulit dipahami karena tidak memiliki terjemahan yang jelas. Sekali lagi, ini ironis karena keseluruhan idenya adalah merangkul ketidaksempurnaan. Jadi dengan mengingat hal itu, saya dapat memberitahu Anda bahwa wabi secara kasar diterjemahkan sebagai “hal-hal yang segar dan sederhana”, dan sabi didefinisikan sebagai “hal-hal yang keindahannya berasal dari usia”, tetapi kenyataannya adalah bahwa ini adalah terjemahan yang tidak sempurna.

Dari perspektif desain, definisi wabi sabi adalah “konsep estetika Jepang yang menemukan keindahan dan ketenangan dalam objek, lanskap, desain, dll. yang sederhana, tidak sempurna, dan mudah rusak.” Definisi ini mudah dipahami, tetapi bisa sulit untuk dipraktikkan. Bisakah kita menemukan keindahan dalam sesuatu dan menyebutnya wabi sabi? Mungkin, tapi trik yang saya temukan adalah mengetahui bahwa itu bisa terlihat sedikit berbeda untuk semua orang. Ini adalah ide, bukan hal nyata yang dapat Anda tunjukkan. Anda dapat melihat ruangan atau gambar dan merasa bahwa itu terinspirasi oleh wabi sabi, tetapi mungkin sulit untuk merumuskan alasannya. Tentu saja, ada unsur-unsur tertentu yang berbicara tentang hal itu, tetapi mereka bukanlah wabi sabi yang unik. Tidak ada buku aturan tentang cara mencapai desain wabi sabi karena intinya adalah menciptakan sesuatu yang unik, personal, tenang dan tidak sempurna.

Tapi jangan khawatir, kita tidak perlu menebak-nebak atau membutakannya. Untuk membimbing kita, ada 7 prinsip wabi sabi:

1. Kanso – Kesederhanaan
2. Funkinsei -Asimetri
3. Shibumi – Keindahan Yang Diremehkan
4. Shizen – Kealamian
5. Yugen – rahmat halus
6. Datsuzoku – Bebas dari kebiasaan
7. Seijaku – Ro

Menerapkan istilah-istilah ini ke dalam desain bukannya tidak berguna, mungkin hanya membutuhkan latihan yang matang. Seperti yang saya katakan, pilar utama dalam wabi sabi adalah merangkul ketidaksempurnaan, jadi jika Anda ingin mencoba gaya ini, tidak akan ada “Cara” yang sempurna untuk membawa Anda ke sana. Jadi saya mencoba melakukan hal yang tidak mungkin dengan memberikan tips tentang cara mendapatkan tampilan ini di rumah Anda? Ya, cukup banyak. Tetapi ketika saya mencoba menerapkannya di rumah dan kehidupan saya sendiri, saya bersedia membagikan beberapa hal yang menurut saya berguna.

1. Pilih dinding bertekstur

desain oleh andrew trotter dan gianni emiliani | foto salva lopez | melalui yatzer

Langkah pertama adalah tinggal di sebuah bangunan yang sangat sangat tua, sebaiknya sebuah kastil tua yang ditinggalkan jika Anda bisa mengayunkannya.

Oh tunggu, bukankah kamu Axel Vervdoodt ?? Oke, Anda juga bisa menggunakan pelapis dinding yang berbeda untuk menambahkan tekstur pada dinding Anda. Pencucian kapur, plester tebal, plester dasar atau plester Venesia dapat membuat tampilan tua dan tidak sempurna.

Menyoroti sesuatu yang tua atau tua adalah hal biasa (dan perlu) dengan desain yang terinspirasi dari wabi sabi. Apakah Anda memiliki dinding yang mengelupas? Wabi-sabi akan membuatmu memeluk mereka! Intinya adalah menerima apa yang Anda miliki dan menemukan keindahan di dalamnya. Alih-alih mencoba menghapus elemen penuaan alami di rumah Anda, cobalah merangkulnya (selama aman tentunya). Di apartemen kami, kami memiliki cat yang mengelupas, dan alih-alih membencinya, saya belajar menerima kerusakan alami yang terjadi pada semua hal.

desain oleh andrew trotter | foto oleh salva lopez

Dinding kapur adalah bagian integral dari desain wabi sabi modern karena dapat membuat dinding yang biasa dan seragam terlihat bertekstur dan kuno. Permukaan yang kasar dan tidak rata diterima dalam desain wabi sabi dan sebenarnya lebih disukai daripada permukaan yang halus. Ini adalah trik yang saya senang coba di rumah saya sendiri dan akan melaporkan kembali bagaimana kelanjutannya

2. Temukan benda dan furnitur yang ternoda secara alami

desain oleh andrew trotter dan gianni emiliani | foto oleh salva lopez

Wabi sabi adalah tentang mudah rusak. Tidak ada yang tetap sama selamanya, jadi komponen kuncinya adalah berpegangan pada objek yang memiliki makna dan mengagumi tanda-tanda usia alami. Wabi sabi akan mengajari Anda untuk memegang barang-barang Anda selama mungkin alih-alih menggantinya dengan sesuatu yang baru.

Jika Anda memilih desain yang terinspirasi oleh wabi sabi, hindari benda-benda yang mengkilap dan seragam dan sebagai gantinya perhatikan potongan-potongan dekorasi organik yang berumur alami yang menunjukkan berlalunya waktu. Pot retak atau vas bernoda itu indah, dan menemukan barang-barang bekas ini untuk menghias rumah Anda juga berkelanjutan dan bagus untuk tanah kita.

desain oleh andrew trotter dan gianni emiliani | foto salva lopez | melalui yatzer

Keausan alami dimaksudkan untuk ditampilkan sesuai dengan filosofi wabi sabi. Jadi untuk mencapai tampilan, Anda harus memilih bahan organik yang menunjukkan usia dari waktu ke waktu. Kayu, tanah liat, batu bata, dan batu menua dengan tidak sempurna dan anggun. Saya menulis ini dari meja makan kayu yang saya beli bekas dari Facebook Marketplace. Usianya lebih dari 100 tahun dan memiliki beberapa cincin tembaga baru yang tidak saya banggakan, tetapi jika saya harus memilih perabot favorit saya, itu pasti. Cacat dan usia membuatnya unik dan (Anda dapat menebaknya) tidak sempurna.

Rangkullah kesederhanaan

desain oleh studio desain dan arsitek Soar chen-tien chu | melalui ini

Sebagai seseorang yang mencintai ~ hal ~, ini adalah pil yang sulit untuk ditelan. Tetapi untuk benar-benar mencapai estetika wabi sabi, Anda harus melepaskan kekacauan dan membersihkan rumah Anda dari segala sesuatu yang tidak penting atau berguna bagi Anda. Wabi sabi mengajarkan kita untuk melepaskan diri dari hal-hal materi dan fokus pada ketenangan. Sayangnya, tidak ada yang tenang tentang permukaan yang sibuk atau berantakan (katanya pada dirinya sendiri).

ditata oleh joseph gardner | foto oleh anson smart

Untuk memeluk wabi sabi Anda tidak diharuskan untuk menyingkirkan semua hal dan hidup seperti seorang biarawan. Sebaliknya, lihat apa yang Anda miliki dan pertimbangkan tujuan atau signifikansinya bagi Anda. Jika itu berguna atau bermakna, Anda tidak harus menyerah. Inti dari komponen kesederhanaan adalah untuk menciptakan rasa damai dengan lingkungan Anda, yang mungkin sulit dilakukan jika ada kekacauan di sekitar Anda.

4. Pilih warna yang bersahaja dan tidak bersuara

gambar via potters house mallorca

Warna (atau kekurangannya) sangat efektif dalam menciptakan lingkungan yang damai. Hindari warna-warna yang sangat jenuh jika Anda menginginkan tampilan wabi sabi, dan sebagai gantinya pilihlah warna-warna kalem yang Anda temukan di alam.

desain axel vervdoodt | foto oleh jan liegeois | melalui file desain

Fitur utama dari estetika ini adalah tampilan dan nuansa yang ketat. Di sinilah suasana hati yang ringan berperan (dan mungkin dari mana daya tarik terbesar saya berasal). Terlepas dari kenyataan bahwa banyak interior wabi sabi yang netral dan minimal, palet warna yang terkait dengan gaya ini seringkali lebih gelap daripada kebanyakan ruang netral. Abu-abu, coklat, coklat muda, putih dan bahkan hitam sering hadir dalam gaya ini. Nada yang lebih gelap menciptakan suasana yang terwujud dan ketat sebagai lawan dari suasana hati yang hangat dan nyaman. Ini bukan untuk mengatakan bahwa interior wabi sabi mungkin tidak menarik, tetapi seringkali sedikit lebih kasar di bagian tepinya.

5. Bersandar pada asimetri

desain oleh andrew trotter dan gianni emiliani | foto oleh pia riverola | melalui yatzer

Terlalu seragam mengganggu sifat wabi sabis. Intinya adalah untuk merangkul ketidaksempurnaan, jadi jika sebuah ruangan memiliki semua elemen di atas tetapi terasa sangat simetris, maka itu tidak akan dianggap sebagai wabi sabi. Di rumah saya, saya berencana untuk menerapkan ini dengan memiliki meja samping tempat tidur, bukan dua, menggantung sebuah karya seni kecil di tengah, dan merangkul pohon biola kami, yang sayangnya telah kehilangan 90% daunnya.

desain oleh louisa grey | foto tirai rory | melalui ini

Cara lain untuk memadukan garis asimetris adalah dengan penempatan furnitur. Anda dapat mengatur furnitur Anda dengan ruang yang tidak rata di antara masing-masing bagian dan ini akan menciptakan tampilan yang tidak seimbang namun nyaman. Di kamar mandi di atas, bangku dan wastafel lebih dekat dan kursi lebih jauh di sudut. Ini menciptakan asimetri tanpa membuat sesuatu yang permanen di denah lantai atau dinding Anda.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, ini tidak dimaksudkan untuk menjadi “Cara” yang sempurna pada desain wabi sabi, tetapi jika Anda mencari cara kecil untuk memasukkannya ke dalam rumah Anda, saya harap 5 tips ini membantu. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang subjek ini, saya suka menuangkan buku ini, dan saya mendengar ini adalah sumber lain yang bagus untuk menjalani gaya hidup yang diilhami oleh wabi sabi.

Terima kasih telah menemani saya dalam perjalanan ini dan bersaksi saat saya mengungkapkan perasaan saya tentang estetika desain yang lama, indah, sederhana, namun memabukkan ini. Saya mungkin tidak mengungkapkannya dengan sempurna, tetapi saya berani mengatakan, ini adalah pelajaran yang bagus dalam wabi sabi. xx

Membuka Kredit Gambar: Desain oleh Axel Vervoodt | Foto oleh Jake Curtis

Related Posts

Kesalahan pemanasan yang bisa menambah £150 ke tagihan energi

Gambar Rumah Minimalis – Dengan biaya rumah tangga yang meroket dan Natal sudah dekat, tidak pernah terasa lebih penting untuk memangkas biaya tagihan energi kita. Meskipun aman…

Apakah keranjang oven yang lebih renyah merupakan alternatif airfryer £10 yang baru?

Gambar Rumah Minimalis – Mendapatkan penggorengan udara terbaik adalah hal yang sulit, dan jika Anda tidak kebetulan menjadi salah satu yang beruntung yang bisa mendapatkan model top…

Retasan bola balon TikTok ini adalah pembaruan pohon yang bagus

Gambar Rumah Minimalis – Menemukan dekorasi pohon yang menyenangkan dan unik – apakah Anda lebih suka pohon Natal buatan terbaik atau pohon Natal asli – bisa menjadi…

Berikut adalah 6 toko independen yang perlu diketahui untuk berbelanja oleh-oleh

Gambar Rumah Minimalis – Musim Natal akan segera tiba di sekitar kita, yang berarti beberapa dari kita mungkin membutuhkan bantuan untuk melihat daftar hadiah liburan kita. Penelitian…

Penggemar TikTok akan menyukai seni kapur jendela Natal DIY seharga £3 ini

Gambar Rumah Minimalis – Penggemar TikTok menyukai ide dekorasi Natal ini yang akan langsung mengubah tampilan jendela Anda – dan yang Anda butuhkan hanyalah pena kapur! Dengan…

Haruskah gorden menyentuh lantai?

Gambar Rumah Minimalis – Memilih gorden adalah salah satu keputusan desain yang cenderung terburu-buru (atau ditunda tanpa batas waktu). Tapi ide tirai adalah cara yang bagus untuk…